Jumat, 13 Maret 2020

Gadget teman yang berduri


Era digital saat sekarang gadget merupakan idola baru, disetiap sudut tempat kita berada terutama para anak bangsa gadget sudah merupakan teman yang sangat menyenangkan. Anak-anak berlomba-lomba dalam memainkan gadget.
Setiap hari dilewatkan oleh anak-anak selalu dibarengi oleh gadget, gadget sudah merupakan teman bahkan ada beberapa anak yang sudah menjadikan gadget menjadi sahabat sejati, sahabat yang yang sangat menyenangkan bagi kehidupan mereka.
Dengan kesibukan orang tua, gadget menjadi solusi bagi mereka agar para anak mempunyai mainan sehingga tidak mengganggu aktivitas orang tua baik pekerjaan yang luar biasa banyak, kesibukan di rumah dll, sehingga tanpa pikir panjang banyak sekali orang tua yang dengan senang hati membelikan gadget untuk anaknya,
Akan tetapi damapak dari gadget sungguh sangat luar biasa, saya baca di salahsatu situs parenting yaitu http://www.parenting.co.id/, ada beberapa bahaya gadget erhadap kesehatan anak diantaranya :
-       Resiko radiasi. Berbagai penelitian menunjukkan, paparan radiasi ponsel berdampak serius bagi kesehatan. Sebaiknya, anak tidak terus menerus memakai gadget untuk mengurangi paparan radiasi. 
-       Resiko kecanduan. Penelitian Rutgers University menunjukkan, BB, misalnya, memicu ketergantungan dan membuat penggunanya memerlukan terapi setara dengan terapi ketergantungan obat-obatan. 
-       Resiko insomnia. Berkirim pesan atau chatting berkepanjangan membuat pola tidur terganggu sehingga akhirnya menyebabkan insomnia. Kurang tidur juga menyebabkan sakit kepala dan sulit konsentrasi.
Dan masih banyak sekali dampak yang timbulkan dari penggunaan gadget bagi manusia.
Menurut Meina Shiamulallaeli, salah seorang psikologi aanak, jika orang tua sudah terlanjur memberikan gadget kepada anakanya ada beberapa tips mengatasi kecanduan anak terhadap gadget, antara lain
1.      Berikan pengetahuan yang benar terhadap gadget
2.      Pilihlah penggunaan gadget yang sesuai dengan usia anak
3.      Batasi penggunaan internet pada anak
4.      Berilah password/ blokir pada situs-situs yang membahayakan
5.      Biasakan meluangkan waktu untuk family time  setiap hari
6.      Ajaklah anak and bermain ke alam dan lingkungan sekitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar